Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

UPACARA ADAT DAN KESENIAN DI PURO PAKUALAM



YOGYAKARTA (Mainkejogja.com) - Yogyakarta adalah kota yang penuh adat istiadat dan budayanya. Kota yang menjunjung tinggi kebudayaan dan kearifan lokal ini menjadi daya tarik minat wisatawan untuk berkunjung dan mengenal lebih dalam mengenai Yogyakarta. Banyak kesenian, kebudayaan, dan adat istiadat yang ada di Yogyakarta. Salah satunya adalah pergantian jaga Prajurit Pakualaman yang diadakan setiap tiga puluh lima hari sekali.

Pergantian Bregada Jaga di Kadipaten Pakualam diadakan sejak tahun 2016. Acara ini merupakan kerjasama antara Pura Pakualam Yogyakarta dengan Dinas Pariwata dan Budaya Yogyakarta, yang dikemas menjadi sebuah atraksi wisata budaya dalam sebuah rangkaian acara yang menarik. Upacara pergantian prajurit jaga dilaksanakan di depan Puro Kadipaten Pakualaman. Menurut Agus selaku ketua panitia, acara pagelaran kesenian ini diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta, bersama kepengurusan Kadipaten Pakualaman yang bertujuan menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara, untuk mengenal lebih dalam mengenai Kadipaten Pakualaman. Upacara sekaligus pagelaran kesenian ini diadakan sesuai dengan hari lahir Sri Paduka Pakualam, sesuai dengan hari lahir raja yang memimpin saat ini, yaitu Sri Paduka Pakualam ke sepuluh, yang jatuh setiap hari Sabtu Kliwon.

“Ya sehingga masyarakat tidak hanya melihat upacara pergantian ini saja, tapi juga ada penampilan kesenian yang lainnya. Jadi selain melihat pergantian prajurit juga bisa melihat kesenian. Bisa melihat kalau ini peninggalan budaya, cagar budaya yang sangat adiluhung.” ungkap Pak Agus. (Meta Oetari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular