Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

TERANCAMNYA HABITAT ORANGUTAN




https://www.worldwildlife.org
(MainkeJogja.com) - Orangutan Sumatera atau dengan nama lain Pongo abelii , sang pemelihara hutan di Sumatera ini merupakan orangutan yang paling terancam punah dibanding dengan saudaranya yang tinggal di Borneo. Menurut data dari IUCN , selama 75 tahun terakhir, populasi Orangutan Sumatera telah mengalami penurunan sebanyak 80%. Dalam IUCN Red List, Orangutan Sumatera dikategorikan kritis ( Critically Endangered ) . Artinya jika tidak ada tindakan menjaga dan melestarikannya, maka satu langkah lagi Orangutan Sumatera akan punah. Disamping kemelut kepunahannya, ternyata habitatnya pun terancam musnah seiring dengan banyaknya hutan di Sumatera yang dibuka untuk perkebunan, pemukiman, legal dan illegal logging, serta terjadinya kebakaran hutan.

https://www.worldwildlife.org
            Dari data WWF Indonesia hutan di Sumatera diperkirakan berkurang dari sekitar 3,1 juta hektar di tahun 1985 menjadi 1,6 juta hektar pada 2007. Hal ini tentu mempengaruhi luas sebaran Orangutan di Sumatera. Dengan begitu, apakah menunggu habitatnya benar-benar habis, baru merasa penting adanya habitat sang hewan dilindungi ini ? . Memang sulit apabila hanya beberapa orang atau beberapa organisasi saja yang berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan habitat orangutan ini. Tentu harus didukung oleh semua elemen masyarakat , mulai dari masyarakat sekitar hutan di Sumatera, Pemerintah Daerah, organisasi / kelompok pecinta satwa , dan mungkin beberapa instansi yang terkait.

            Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingna habitat untuk orangutan, membuat pembangunan daerah yang berbasis dengan pelestarian ekosistem. Pemaksimalan program-program yang sudah disusun oleh lembaga-lembaga terkait, misalnya program dari WWF dengan LSM yang bergerak di bidang pelestarian orangutan dalam mempubliaksikan panduan teknis Penanganan Konflik Manusia dan Orangutan. (Elok Kharismatul Ula)

2 komentar:

  1. Masyaallah.. Berita nya Bagus... Penyusunannya tepat, singkat, jelas dan padat

    BalasHapus
  2. Dalam penulisan mungkin masih terdapat sedikit kesalahan... Tapi alhamdulillah... Semoga kedepannya lebih baik lagi..

    BalasHapus

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular