Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

TENUN TRADISIONAL ASAL DESA GAMPLONG




Sleman  (MainkeJogja.com) – Desa Gamplong merupakan desa wisata yang  terletak di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di desa ini terkenal dengan tenun tradisionalnya, sebab tenun yang dihasilkan diproduksi dengan  Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM ). Pekerja disini lebih didominasi oleh lansia-lansia yang ada di desa tersebut. Desa Gamplong ini sudah bergerilya dengan kerajinan tenun sejak kurang lebih 20 tahun yang lalu. Walaupun mengalami jatuh bangun membangunnya, dengan kekhasan cara pembuatannya Desa Gamplong mampu bertahan sebagai desa wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisatawan yang datang ke Desa Gamplong ini biasanya langsung bisa menyaksikan dan turut berproses untuk produksi kerajinan tenun. 

“ Kami sudah menyediakan paket-paket untuk pengunjung, kalau mau ada pelatihan kami juga bisa menyediakan“ Begitulah ujar Ismugiati sang Trainer Handicraft .
            Di Desa Gamplong sudah terdapat 23 UKM yang membuat kerajinan tenun ini, dengan berbagai macam produk yang dihasilkan. Beberapa hasil tenun yang diproduksi adalah serbet makan, kain , dan ditambah tenunan dari tanaman enceng gondok, serat akar wangi, dan lidi yang menghasilkan tas wanita, dompet, tikar, tempat handphone, dan souvenir lainnya. Hasil kerajinan ini bisa dibeli dengan kisaran harga Rp 5 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Setiap tahunnya, pengelola Desa Gamplong terus meningkatkan kualitas pelayanannya, agar eksistensi tenun tradisional Desa Gamplong tetap terjaga dengan baik. ( Elok Kharismatul Ula )


1 komentar:

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular