Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

SELOGAN SEKEDAR HIASAN



(MainkeJogja.com) - Seringkali kita mendengar slogan-slogan di berbagai tempat terutama di tempat umum yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa kenyataannya? Banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan, selain itu tidak hanya slogan yang tidak dihiraukan oleh masyakarat setempat namun juga kurangnya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

Yogyakarta, kota istimewa yang penuh dengan beragam budaya dan tempat wisata yang indah. Hal itu menjadi sorotan bagi masyakarat Indonesia hingga mancanegara untuk datang berwisata. Selain itu Yogyakarta kerap mengadakan berbagai event menarik yang bisa memikat wisatawan untuk berkunjung, dari mulai kulinernya yang lezat dan beragam hingga banyak pertunjukan asik dan menarik.

Sayangnya ada yang menjadi sorotan utama dari tempat-tempat wisata di Yogyakarta, yaitu kebersihan lingkungan yang kurang terjaga. Memang, slogan sudah terpampang nyata tapi apa daya jika pemerintah kurang sadar bahwa fasilitas yang kurang memadahi tidak membimbing masyakarat untuk tertib dalam kebersihan. Menurut saya, tidak hanya masyakarat yang perlu untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitar hingga diberi slogan dimana-mana, tapi tempat untuk membuah sampah saja tidak disediakan oleh pemerintah setempat.

Pernyataan tersebut dapat dilihat dari event yang diselenggarakan di Yogyakarta yaitu, Sekaten. Tidak ada yang asing dengan Pasar Malam, yang berisi berbagai macam wahana, kuliner dengan berbagai variasi tak ketinggalan stand-stand sandang yang disediakan ikut meramaikan acara Sekaten. Hampir seluruh masyarakat datang ke sana, tak hanya masyarakat lokal saja, namun luar kota hingga mancanegara pun turut serta meramaikan, bisa terbayang betapa ramainya. Hanya saja, sangat disayangkan, di Sekaten tak banyak saya melihat tong sampah yang disediakan, sehingga masyakarat yang datang membuang sampah sembarangan bahkan satu pijakan saja kita sudah menemukan plastik bekas makanan atau minuman yang dibuang sembarangan. Disamping itu sampah yang kita buang sembarangan tadi juga dapat mencemari lingkungan.

Tidak hanya di Sekaten saja, namun di beberapa tempat wisata penyediaan tong sampah sangatlah minim. Hingga tempat yang seharusnya asri, indah dan bersih menjadi tercemar dengan adanya sampah plastik bekas makanan atau minuman. Sampah merupakan konsekuensi dari adanya aktifitas manusia, setiap aktifitas manusia pasti menghasilkan sampah. Oleh karena itu pengelolaan sampah tidak bisa lepas juga dari pengelolaannya terhadap masyarakat. Masalah sampah sudah menjadi topik utama yang ada pada bangsa kita, mulai dari lingkungan terkecil sampai kepada lingkup yang besar. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penumpukan sampah ini.

Menurut saya, permasalahan ini harus ditindak lanjuti oleh pemerintah setempat, tidak hanya membuat slogan larangan membuang sampah sembarangan sebagai himbauan terhadap masyarakat, namun juga pemerintah harus memenuhi atau memberikan fasilitas tempat sampah yang memadahi agar masyarakat mampu untuk turut serta menjaga lingkungan, khususnya kota Yogyakarta. (Elfan Abner)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular