Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

ROKOK ITU BUKAN UNTUK ORANGUTAN




(Mainkejogja.com) Kebun binatang merupakan tempat wisata yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Namun, tidak benar jika binatang menjadi bahan pelampiasan amarah manusia. Orangutan yang dikenal ramah juga perlu disayang. Tapi ini justru sebaliknya yang terjadi. Pada tanggal 4 Maret 2018, terjadi peristiwa yang cukup membuat kecewa pecinta binatang, khususnya orangutan.

Peristiwa yang sempat viral videonya, memperlihatkan seorang pengunjung melempar rokoknya kearah orangutan dan seekor orangutan tersebut mengisap rokok seperti manusia. Dikutip dari kompas.com bahwa Marison Guciano, seorang pemerhati satwa membenarkan atas kejadian tersebut.
Kejadian yang tidak layak dilakukan itu dapat memusnahkan orangutan jika ditiru oleh masyarakat. Apalagi jika kejadian tersebut dilihat oleh anak kecil, bisa jadi anak kecil menirukan hal yang menyedihkan itu.


Hukum mengenai pemeliharaan atau penyiksaan hewan harus dijalankan secara ketat, tidak hanya sebuah tulisan yang terpampang. Peran pengelola sebagai pelindung hewan juga perlu diterapkan. Coba saja, jika dibeberapa titik kebun binatang diberi seorang guide atau keeper mungkin bisa mengurangi kecelakaan tersebut. 

Selain itu, edukasi kepada pengunjung juga perlu diberikan. Seperti arahan memberi makan di kebun binatang, dilarang merokok dibeberapa titik – titik kebun binatang. Namun tetap kembali kepada pengunjung lagi, kita sebagai manusia juga harus ingat dan sadar bahwa makhluk di dunia ini tidak hanya manusia. (Narum Khoriha Tanti)

2 komentar:

  1. Untuk lebih efektif dalam pengelolaan serta penjagaan terhadap satwa satwa tersebut... Memang seharusnya disetiap zona perlu pengawasan seperti guide, selain itu pemasangan himbauan kepada para pengunjung seperti pamlet, poster atau sejenisnya... Untuk menghimbau pengunjung agar tidak melakukan tidakan yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  2. Penulisan dalam berita nya Bagus... Susunan katanya singkat jelas dan padat... Moga kedepannya bisa lebih baik lagi

    BalasHapus

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular