Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

PESONA KEINDAHAN SUNGAI MUDAL



Kulon Progo (MainkeJogja.com) – Yogyakarta selalu menyimpan keindahan wisatanya, tak kalah menariknya jika berkunjung ke wisata air. Di Kulon Progo menyimpan surga tersembunyi yang wajib dikunjungi, yakni Sungai Mudal yang berada di dusun Banyunganti, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY, yang secara geografis berada di deretan perbukitan. Sungai Mudal memiliki arti yaitu sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua. Jika berkunjung ke Sungai Mudal, akan anda jumpai pemandangan alam yang mempesona, dengan kesejukan dan suasana kenyamanan pegunungannya. 




Sungai mudal dibangun atas swadaya masyarakat sekitar desa Banyunganti pada tahun 2015. Berawal dari kegiatan rutin dari masyarakat Banyunganti, khususnya RW 05 yang memulai gerakan kebersihan di daerah Sungai Mudal. Namun, setelah sungai kelihatan bersih, muncullah ide dari warga setempat untuk membuat destinasi wisata berupa taman sungai Mudal yang bertujuan agar kebersihan sungai tetap terjaga dan tetap menjaga lingkungan sekitar sungai. Menurut Pengelola Ekowisata Sungai Mudal, Rudi Hastaryo, sungai Mudal memiliki keunikan dari mata air sungai.
“Keunikan disini sungainya jernih, memiliki mata air yang mengalir sepanjang tahun yang menyegarkan. Ditambah taman- taman yang dibangun atas swadaya masyarakat untuk menunjang keindahan wisata”

Uniknya, disini air terjunnya tidak hanya satu, tapi ada tiga air terjun. Yang pertama kedung kedoyo, yang kedua kedung awar-awar, karena ada pohon awar-awar yang tumbuh disekitar kedung kedoyo itu, yang ketiga kedung Wong karena bentuknya unik menurut orang-orang jaman dulu. Selain air terjun, disini juga ada dua kolam. Kolam untuk orang dewasa sekitar dua meter namanya kolam kedoyo, tapi ada juga ada yang kedalamannya hanya satu meter namanya kolam pule. Jangan khawatir, jika anda tidak ingin bermain air, disini juga ada wahana bermain, salah satunya wahana flying fox. Flying fox ini sendiri letaknya ada dibagian atas taman sungai Mudal, untuk bisa bermain flying fox, cukup membayar Rp 15.000. 

Secara umum, Fasilitas yang ada di Sungai Mudal yaitu free wifi, kamar mandi umum, terdapat pula musholla, serta jangan khawatir jika anda ingin  berwisata kuliner. Karena di Sungai Mudal terdapat beberapa warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman. (Dita Tamara)

3 komentar:

  1. Seger banget itu pasti kak😀😇💪😁😄👦

    BalasHapus
  2. Seger banget itu pasti kak😀😇💪😁😄👦

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger dan bersih banget gan Aernya

      Hapus

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular