Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

NYANTING BARENG DI KRATON





YOGYAKARTA (MainkeJogja.com) - Kraton Yogyakarta, siapa yang tidak kenal dengan tempat bersejarah yang menjadi Istana Yogyakarta. Kraton tidak hanya menjadi Istana Yogyakarta namun menjadi tempat wisata yang sangat menarik dan menjadi ciri khas Yogyakarta. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang penasaran dengan isi dari bangunan yang berdiri sejak tahun 1755 oleh, Sulthan Hamengku Buwono ke I. Berkunjung ke Kraton kita dapat mempelajari banyak hal mulai dari sejarah Yogyakarta hingga budaya yang dimiliki oleh Yogyakarta itu sendiri.

 Yogyakarta merupakan kota istimewa. Selain sebutan itu Yogyakarta juga memiliki sebutan lain yaitu Kota Budaya. Mengapa demikian? karena hampir semua budaya ada di Yogyakarta, mulai dari budaya tari, musik, hingga tingkah laku, sopan santun dan keramahan yang menjadi ciri khas orang Yogyakarta. Salah satunya Batik, pastilah kita tahu bahwa batik Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara dan Batik Yogyakarta ikut serta dalam mempopulerkannya.


Batik tidak hanya bisa dinikmati saja keindahan tampilan corak dan kainnya, namun bisa dipelajari bagaimana cara membuatnya hingga menjadi kain yang memiliki keindahan luar biasa. Kita bisa mendapatkan edukasi mulai dari mencanting hingga proses pewarnaan kain batik di Kraton Yogyakarta tepatnya di pendopo sebelah Barat wilayah Kraton Yogyakarta. Banyak pengunjung yang merasa tertarik untuk mencoba menggunakan alat yang bernama canting tersebut. Reza salah satu pengunjung Kraton yang telah mencoba menggunakan alat tersebut mengaku kesulitan dan belum terbiasa
“Susah sih, harus bener-bener fokus dan teliti kayak ibunya” ungkapnya.


Di Pendopo tersebut kita diberi pelajaran, bagaimana cara mencanting kain batik, disesuaikan dengan pola yang sudah tersedia. Hal ini sangat menarik karena wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan kain batik yang mereka kenakan tapi mereka bisa mengetahui bagaimana proses pembuatannya, dan selain itu Ibu yang memberikan pelajaran mengenai canting pun memberikan penjelasan juga soal makna dari proses membatik hingga makna dibalik kain batik itu sendiri. Dari hal tersebut, tidak hanya menarik wisatawan luar namun juga memberikan edukasi bagi wisatawan lokal untuk lebih menyadari bahwa kebudayaan yang kita miliki sangat penting kita ketahui, pelajari agar tetap lestari. (Elfan Abner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular