Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

NYAMAN UNTUK WISATAWAN, NYAMAN UNTUK MASYARAKAT

Photo by aprilianedysutomo.wordpress.com


(Mainkejogja.com) - Pariwisata telah menjadi salah satu sektor andalan berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut karena sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.

Seperti yang tercatat jumlah kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia Februari 2018 mencapai 1,2 juta kunjungan orang atau meningkat  17,36 persen dibanding jumlah kunjungan pada Februari 2017 yang mencapai 1,02 juta kunjungan. Secara kumulatif (Januari–Februari 2018), jumlah kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia mencapai 2,30 juta kunjungan atau naik 7,99 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan manca negara pada periode yang sama tahun 2017 yang berjumlah 2,13 juta kunjungan.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan, pemerintah juga berupaya untuk melakukan perbaikan dan pembangunan pariwisata. Pembangunan pariwisata ini pasti juga mengundang dampak positif dan negatif bagi masyarakat lokal.  Dampak positif meliputi meningkatnya peluang kerja dan peluang usaha bagi masyarakt yang juga dapat meningkatkan tingkat pendapatan masyarakat. Namun juga ada dampak negatif meliputi bertambahnya bangunan-bangunan hotel yang dapat memicu pembukaan lahan untuk bangunan dan mengurangi lahan pertanian. Untuk meminimalisir dampak tersebut sangat diperlukan partisipasi masyarakat. Masyarakat perlu untuk ikut menjaga lingkungan dan juga menjaga keaslian suatu obyek wisata. Supaya lingkungan tempat tinggal masyarakat lokal tetap nyaman untuk ditinggali dan juga nyaman untuk dikunjungi wisatawan. (Meta Oetari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular