Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

Kurangnya Eksistensi Wisata Goa




(MainkeJogja.com) - Siapa yang tidak menyukai liburan? Pasti hal itu yang selalu ditunggu oleh seluruh insan. Tidak perlu merogoh kocek yang besar untuk mendapatkan liburan dengan pergi ke negara lain, karena Indonesia pun memiliki segudang tempat destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi.

Salah satunya Yogyakarta, tak ada yang dapat memungkiri bahwa Jogja tidak hanya kaya akan budaya dan kulinernya saja, namun Jogja juga memiliki tempat destinasi wisata yang asik dan menarik, dimulai dari banyaknya pantai, gunung, hingga tempat wisata edukasi lainnya. Jogja juga memiliki wisata Goa, ada Goa Jomblang, Goa Pindul, Goa Rancang Kencono, Goa selarong, dan masih banyak lainnya. Namun yang menjadi keresahan bagi saya adalah destinasi Goa ini kurang adanya esistensi, selain itu kurangnya fasilitas yang disediakan di tempat wisata, hingga kurangnya media promosi untuk menarik wisatawan.

Jika kita tahu, Goa termasuk peninggalan kerajaan dan peninggalan pada masa penjajahan. Hingga disetiap Goa yang ada di Jogja pun memiliki sejarahnya sendiri. Sehingga tidak hanya berlibur saja tapi kita pun bisa mendapatkan edukasi didalamnya. Sayangnya, menurut saya hal ini kurang diperhatikan oleh pemerintah khususnya dinas pariwisata Yogyakarta, seharusnya tempat wisata Goa yang tidak hanya satu atau dua ini diberi fasilitas yang memadahi, seperti guide untuk menuntun para wisatawan sehingga dapat sekaligus memberi edukasi untuk mereka, selain itu membuat promosi melalui media social atau media komersial lainnya.

Kebersihan di tempat wisata pun harus diperhatikan, fasilitas yang harus disediakan seperti tong sampah, tidak hanya memasang slogan saja. Jadi dengan demikian tidak hanya asik namun juga nyaman dan bersih. (Elfan Abner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular