Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

ILMU BARU DI BARAT TEBING PANTAI BARON






GUNUNG KIDUL (MainkeJogja.com)  – Baron tekenal dengan keindahan pantainya, namun siapa sangka jika air Pantai Baron dapat digunakan untuk menimba ilmu. Barat Pantai Baron terdapat kawasan Technopak yang memiliki luas lebih dari 5 hectar.  Kawasan Penerapan Teknologi Energi Terbarukan menjadi daya tarik penelitian banyak kalangan. Baron Techno Park merupakan Kawasan Penerapan Teknologi Energi Terbarukan, kawasan tersebut terletak di Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di kawasan ini terdapat teknologi yang kerap menjadi daya tarik untuk penelitian. Perubahan air asin ke air tawar dapat diproduksi hingga 100 lliter per hari dengan energi listrik yang dibantu oleh pemanfaatan energi angin dan matahari.
“Air yang diproduksi sesuai gelombang pantai yang masuk kedalam sumur.  Jika gelombang tinggi, air laut banyak yang masuk, tapi jika sedikit produksi juga berkurang. Ini makanya kita sering stok air untuk disini. Dikawasan Baron Teckno Park kan tidak ada PAM air” kata operator teknik Baron Teckno Park, Agus.


Lokasi yang berjarak 70 km dari pusat kota Yogyakarta mengalami kenaikan pengunjung, yang mencapai angka 4500 dimulai dari tahun 2015. Selain menikmati suasana yang sejuk, pengunjung datang untuk melihat pemanfaatan teknologi terbarukan. Kepala bidang Pengelolaan Energi Baron Techno Park, Ridwan Budi mengatakan bahwa kawasan Baron Techno Park yang merupakan kawasan teknologi energi dan kurikulum sekarang banyak mempelajari teknologi mulai dari sekolah, mahasiswa hingga guru besar merupakan rata – rata pengunjung yang datang untuk penelitian. (Narum Khoriha Tanti)

3 komentar:

  1. Terimakasih min infonya, sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

    BalasHapus
  2. Menjadi khazanah baru bagi civitas akademia mau pelajar dan dan reseacrher untuk bisa menjadi pusat studi. Sehinggal teknologi ini dapat di duplikasi dan di replikasi lebih luas ke berbagai daerah di Indonesia yang notabene masih banyak yang membutuhkan teknologi ini

    BalasHapus
  3. Mantabb sekali, alhamdulillah dapat ilmu baru

    BalasHapus

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular