Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

Himbauan Bukan Untuk Diacuhkan




            (Mainkejogja.com) - Keindahan pantai selatan di Yogyakarta mampu membius hati wisatawan yang berkunjung, khususnya buat mainers yang penikmat pantai. Memang dengan berwisata ke pantai kita bisa dipuaskan dengan kejernihan air nya yang seakan membuat kita ingin berenang dengan waktu yang cukup lama, lalu eksotis terumbu karangnya , serta ditambah dengan keelokan awan yang menambah rasa tak ingin beranjak dari pantai. Namun, terkadang segala keindahan yang disuguhkan oleh pantai membuat wisatawan lengah, dan mengacuhkan himbauan yang ada di pantai.

            Baru-baru ini terjadi kasus tenggelamnya wisatawan di Pantai Parangtritis, padahal menurut pernyataan yang dikutip dari Tribun Jogja, bahwa petugas SAR , diungkapkan Arif Nugraha sebenarnya sudah mengingatkan korban dan memasang rambu peringatan bahaya. Hal ini menjadi salah satu contoh, dimana wisatawan yang kurang mentaati himbauan atau rambu-rambu yang sudah disediakan oleh petugas di pantai. Tidak hanya itu, ada pula kejadian wisatawan yang tersengat oleh ubur-ubur api di Pantai Parangtritis. Ubur-ubur api ini memang terlihat indah oleh mata, namun sakit untuk dirasa. Sebab dapat menyengat dan memberi efek seperti nyeri kepanasan dan gatal.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengurangi kejadian yang tidak diinginkan. Dari pihak pengelola pariwisata yang mungkin bisa berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat tetap memberikan himbauan untuk wisatawan. Mengingat adanya konsep pariwisata Sapta Pesona, yang dilambangkan dengan matahari bersinar sebanyak 7, mempunyai makna atas unsur Keindahan, Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan dan Kenangan. Selain itu wisatawan harus mentaati himbauan yang ada, karena pantai bukan kolam renang, pantai bukan sekedar air dalam bak mandi yang mempunyai bahaya lebih sedikit. Waspada dengan hewan laut apapun, karena tidak semua paham tentang ragam hewan laut dan bahayanya. ( Elok Kharismatul Ula )

1 komentar:

  1. Itu kalo boneka voodo dikasihnya nyawa. Larangan udah jelas tapi dilanggar

    BalasHapus

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular