Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

Embung Disulap Menjadi Wisata Air




SLEMAN (Mainkejogja.com)- Apa yang dapat kita bayangkan ketika mendengar kata embung. Embung atau disebut dengan cekungan ini adalah penampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait sungai atau danau.  Dan embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan.  Namun di Desa Sangurejo, Wonorejo, Turi, Sleman, Yogyakarta , terdapat embung yang disulap menjadi wisata air. Namanya adalah embung Kaliaji.

Awal mulanya embung Kaliaji didirikan pada tahun 2013, dan penggunaannya hanya untuk penampungan air yang memiliki beberapa fungsi utama. Seperti untuk mengantisipasi kekeringan dan sebagai pengairan ababila daerah bawah mengalami mengasatan air. Kemudian embung ini juga sering digunakan untuk latihan SAR Pemkab Sleman. 


Namun kini, sekitar tiga bulan yang lalu embung ini mulai difungsikan sebagai tempat wisata air. Terdapat wahana perahu bebek yang disewakan. Biaya sewa perahu bebek sangat terjangkau yaitu cukup membayar Rp.10.000 per 30 menit. Sungguh biaya yang sangat terjangkau bukan. Tak hanya biaya yang terjangkau, ketika menaiki wahana ini, kita bisa berkeliling sambil menggayuh perahu bebek ditengah-tengah embung. Tiupan angin yang semilir dan pemandangan gunung merapi yang mengintip sedikit dibalik awan akan menjadikan rasa penat dan stress hilang.

“Embung ini dikelola OPPE organisasi pengelolaan dan pengembangan embung, yaitu produk dari PDA Sleman tetapi anggotanya dari masyarakat sekitar sini.” Kata Budiono pengurus OPPE.

Untuk itu pengelolaan wisata ini masih terhitung baru, dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya wahana wisata air di embung ini. (Inasa Abiyani)

2 komentar:

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular