Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

BERSENANG-SENANG TANPA MERUSAK TERUMBU KARANG




            (MainkeJogja.com) – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali wisata bawah laut. Bahkan, sudah banyak penghargaan kelas dunia yang didapat Indonesia karena keindahan bawah lautnya. Wisata bawah laut memang memiliki sensasi yang berbeda dibandingkan dengan jenis wisata lain. Karena di bawah laut, kita dapat melihat hal-hal yang jarang kita temukan di darat. Seperti terumbu karang yang indah atau aneka hewan laut. Indonesia memiliki 55 destinasi selam dengan 1500 titik selam mulai dari Aceh hingga Papua. Di antara destinasi tersebut, Kementerian Pariwisata telah menetapkan 10 wisata selam terbaik, antara lain: Bali, Lombok, Komodo, Alor, Derawan dan sekitarnya, PulauTogean, Wakatobi, Ambon dan Banda, Bunaken dan Lembeh, serta Raja Ampat.


Wilayah laut yang luas. Dilansir dari laman Time.com pada Jumat (26/1/2018), terumbu karang yang tersumbat oleh sampah plastik berisiko 20 kali lebih besar terkena penyakitt. Hal itu akan berdampak buruk pada kelangsungan ekosistem laut, tulis laporan ilmiah yang dimuat di edisi terbaru jurnal Science. Penelitian terkait menguji 124.000 karang dari 150 titik lokasi di Asia Pasifik antara tahun 2011 dan 2014. Mereka menemukan fakta bahwa pecahan sampah plastik "mencekik" terumbu karang serta membuatnya kehilangan pasokan cahaya dan oksigen.
Tidak hanya itu, terumbu karang juga merupakan sumber kehidupan bagi hewan-hewan dibawah laut. Rusaknya terumbu karang juga dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi biota laut. Akan banyak ikan-ikan yang mati jika tidak adanya terumbu karang. Salah satu penyebab rusaknya terumbu karang adalah banyaknya sampah-sampah plastik akibat kurangnya kesadaran pada tiap-tiap individu untuk melestarikan terumbu karang. Maka dari itu, mulailah sayangi terumbu karang kita. (Dita Tamara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular