Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

BENAHI JALAN UNTUK KEBAHAGIAAN WISATAWAN





Mainkejogja.com - Indonesia memiliki berbagai tempat wisata. Tidak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan manca negara tertarik dengan pesona Indonesia. Pesisir pulau, pelosok desa, pemandangan perbatasan daerah terkadang menjadi daya tarik mata orang manca. Namun, apa jadinya jika akses khususnya jalan tidak menunjang kenikmatan perjalanan ? Apakah wisatawan tetap akan melanjutkan perjalanan ?

Rusaknya jalan, sempitnya lebar jalan dan bebatuan jalan dapat mengubah wisatawan berpikir dua kali untuk melanjutkan ke lokasi wisata. Kurangnya persiapan para wisatawan dan tidak adanya petunjuk jalan secara online kurang diperhatikan oleh pengelola. Seperti daerah Kabupaten Aceh Barat Daya, daerah wisata perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Khusunya daerah perbatasan, pegunungan yang kurang dilirik untuk dipompa potensinya. Menurut saya, pemerintah setempat ataupun pusat hanya melirik beberapa titik wisata yang sudah terkenal bukan mengolah wisata yang perlu dikenalkan.


Dari sini, pihak perangkat daerah bahkan pemerintah pusat perlu turun tangan, apalagi jika akses tersebut mengakibatkan kecelakaan pengunjung. Tidak semakin dikenal tapi malah memerosotkan daerah wisata. Namun, jika pemerintah mencoba mengolah akses jalan menuju tempat wisata di Indonesia yang berada di pesisir atau pegunungan, menurut saya akan menambah pendapatan daerah dan Indonesia semakin dikenal.  Peran masyarakat juga dibituhkan, bukan tenaga tapi penjagaan fasilitas yang sudah dibangun untuk kemajuan bersama. (Narum Khoriha Tanti)


1 komentar:

  1. Setuju! Pernah beberapa kali berkunjung ke tempat wisata yang akses jalannya menyedihkan, keluar masuk hutan yang rindang. sempat berfikir dua kali untuk melanjutkan pejalanan, tapi akhirnya sampai juga. padahal tempatnya bagus. Mungkin bisa jadi concern pemerintah daerah untuk lebih membenahi tempat-tempat wisata di daerahnya

    BalasHapus

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular