Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

Belajar Sejarah Asik di Situs Warungboto




YOGYAKARTA (MainkeJogja.com) - Yogyakarta memiliki peningkatan dalam segi pariwisata hampir disetiap tahunnya, karena banyak destinasi baru yang dapat mengundang wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Yogyakarta. Belum lama ini, terdapat destinasi baru yaitu Situs Warungboto. Situs Warungboto ini tergolong destinasi baru karena baru selesai direnovasi. Letaknya di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. 


Dahulunya situs ini merupakan situs pesanggrahan dengan nama Pesanggrahan Rejawinangun, yaitu tempat beristirahat keluarga kerajaan. Bangunan ini didirikan pada masa kesulthanan Sultan Hamengku Buwono I dan pembangunannya dilanjutkan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II. Disini kita dapat belajar sejarah dengan melihat langsung saksi-saksi bisu yang dapat menceritakan kemegahan bangunan masa lalu. Ari, salah satu pengunjung mengaku terpukau oleh artistik pada zaman dulu
“Ini bangunan tua, artistiknya juga, tapi masih bisa menggugah orang-orang moderen. Disini banyak spot untuk foto juga, asik disini” Ungkapnya.

Dengan dilakukannya pemugaran dan renovasi pada sebagian bangunan situs, kini telah menjadi destinasi baru di kota Yogyakarta, bangunan ini masih murni isinya, karena dahulu menjadi tempat pemandian/umbul mata air sekaligus tempat peristirahatan keluarga kerajaan, maka terdapat kolam, taman yang cukup megah di dalamnya. Hal itu menjadikan Situs Warungboto tempat untuk hunting foto para wisatawan yang datang ke Yogyakarta, dimulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. (Elfan Abner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular