Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

Belajar membuat kopi di Puncak Suroloyo



 


KULONPROGO (Mainkejogja.com)  - Yogyakarta, salah satu sudut Jawa dengan beragam kekayaan budaya dan tradisi. Seperti halnya tradisi minum kopi atau ngopi. Ini dibuktikan dengan menjamurnya warung kopi sebagai destinasi yang wajib dijajal bagi wisatawan maupun masyarakat lokal.

Kopi Suroloyo, salah satu dari sekian produk kopi unggulan dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di Bukit Manoreh, Puncak Suroloyo Kulon Progo, kopi ini menjadi salah satu primadona di Yogyakarta. Pemrosesan kopi yang sederhana serta pemandangan alam yang segar dari Puncak Suroloyo menambah nilai artistik dalam menikmati kopi satu ini. Dalam warung kopi sederhana di lereng Puncak Suroloyo ini Bapak Wintarto memproduksi Kopi Suroloyo. Mulai dari pemetikan hingga pengemasan dilakukan secara manual oleh Pak Win, sapaan akrab Pak Wintarto.

Pak Win mengembangkan dua jenis kopi, yaitu Arabika dan Robusta. Namun lebih banyak jenis kopi Arabika yang dihasilkan disini. Perbedaan dari kedua jenis kopi tersebut terletak pada cita rasanya. Arabika memiliki rasa asam seperti buah dan manis sedangkan Robusta lebih pahit.

Tidak banyak kopi yang dipanen Pak Win, namun hasil kopi olahan rumahan ini memikat banyak penikmat kopi. Beberapa kafe di Yogyakarta menjadikan kopi ini sebagai menu utamanya. Kebanyakan dari kafe maupun warung kopi tersebut memesan dalam bentuk green bean untuk di roasting sendiri. Selain merambah pasar lokal Yogyakarta, Kopi Suroloyo juga telah dikenal di beberapa negara tetangga. Seperti Malaysia dan Singapura. Pak Win mengekspor kopi Suroloyo tersebut dalam hasil green bean maupun hasil roasting. Keduanya menyesuaikan permintaan dari konsumen. Tidak hanya menikmati kopi, setiap hari Selasa di Warung Kopi Suroloyo mainers juga bisa turut belajar bagaimana cara mengolah biji kopi menjadi minuman yang dinikmati. (Meta Oetari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular