Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

MASJID KOTAGEDE MATARAM, SUDAH PERNAH KESANA?








Yogyakarta (Mainkejogja.com). Wisata budaya sangat banyak di Yogyakarta. Salah satunya adalah wisata sejarah dan budaya Kompleks Masjid tertua di yogyakarta yaitu Masjid Kotagede Mataram. Didalamnya terdapat lokasi yang merupakan kompleks pelestarian peninggalan kerajaan Mataram dan kebudayaan yang mesih kental. Namun belum banyak wisatawan yang menjelajah lebih dalam di kompleks ini. Masyarakat hanya mengenal Masjid Kotagede Mataram saja, padahal di sekitar kompleks tersebut terdapat sendang, bangsal, dan Kelompok usaha bersama, yang menarik bila dieksplore lebih dalam.
“Sejarah singkatnya kompleks ini dahulu merupakan rangkaian konsep catur gatra tunggal pemerintahan kerajaan Mataram Islam. Kraton mataram sebagai pusat pemerintahan, alun-alun sebagai peradatan masyarakat, masjid sebagai tempat peribadatan, dan pasar sebagai pusat perekonomian.” Kata Warisman pengurus Masjid Kotagede Mataram.

Masjid tertua Yogyakarta, yakni telah dibangun sejak 1587 oleh Panembahan Senopati Sutowijaya sebagai pusat kegiatan mengembangkan agama Islam, khususnya Kerajaan Mataram Islam. Usia masjid ini telah menginjak ratusan tahun. Akan tetapi hingga saat ini bangunan masih terjaga, dan berfungsi untuk kegiatan peribadatan sehari-hari.
Disekitar Masjid, terdapat Makam Raja terdahulu dan tokoh-tokoh Kerajaan Mataram. Kemudian terdapat Sendang, yang dulunya merupakan tempat pemandian para raja-raja. Sendang tersebut bernama sendang seliran, yang memiliki arti sendang penuh perasaan. Sendang tersebut dibagi menjadi dua, yakni sendang kakung dan sendang putri. Didalamnya terdapat kolam yang berisi berbagai macam ikan. Yang menjadi mitos warga sekitar adalah sendang ini dapat membuat awet muda. Lalu juga terdapat mistos lele yang hanya memiliki kepala, duri, dan ekor yang apabila kita melihat maka dipercaya akan mendatangkan nasib baik. (Inasa Abiyani)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular