Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

Domes Teletubis Wisata Baru Yogyakarta



SLEMAN - Sedikitnya titik rawan pada rumah domes mengurangi keretakan akibat guncangan pada bangunan tersebut. Rumah yang berbentuk setengah lingkaran ini hanya ada satu se Asia Tenggara. Warna – warni domes yang mirip rumah teletubis ini, menarik masyarakat untuk berwisata disana. Kebanggan memiliki rumah yang unik dirasakan pula oleh penghuninya.


Paska gempa Yogyakarta tahun 2006, lembaga masyarakat non-pemerintah bekerja sama dengan domes for the world foundation yang memberikan bantuan berupa rumah kepada penduduk Nglepen, Sleman, Yogyakarta. Pada saat itu, gempa Yogyakarta menghancurkan rumah warga Nglepen.
Ketua pengelola Kampung Teletubis 2018, Nurul Amin mengatakan bahwa ada 80 bangunan domes. 72 rumah yang dihuni oleh penduduk asli dan selebihnya digunakan untuk pengunjung wisata. Kampung wisata ini juga menyediakan galeri seni. Pengunjung dapat membaca sejarah, proses pembuatan rumah domes serta melihat barang – barang yang terkena gempa Yogyakarta 2006.



“Saya merasa bangga,mbak. Soalnyakan rumah ini jarang yang punya to” kata Enny, pemilik rumah yang berdiameter 7 meter itu. Walaupun kurang dari 7 ruang, rumah unik tahun 90an ala teletubis ini memberikan kebanggaan sendiri oleh warga Nglepen. (Narum Khoriha Tanti)



1 komentar:

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular