Jumat, 27 April 2018

DARI BUKU MENJADI KARYA, TAMAN BACA MATA AKSARA


SLEMAN (MainkeJogja) – Taman Baca Mata Aksara yang terletak di Jl. Kaliurang Km 14 No. 15 A, Tegalmanding, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta merupakan sebuah taman baca yang bermula dari perpustakaan keluarga. Sang pemilik Heni Wardaturohmah adalah seorang yang gemar membaca. Sebelum didirikan Taman Baca Mata Aksara, koleksi buku kelurganya mencapai lebih dari 700 buah.

Dengan banyaknya koleksi buku kemudian Heni berinisiatif untuk mendirikan sebuah Taman Bacaan dengan dibantu Perpustakaan Daerah untuk menambah jumlah buku untuk di sediakan di Taman Baca. Di Taman Baca ini banyak kegiatan yang dapat mengedukasi anak seperti sekolah catur, menulis cerita, belajar bertanam, dan banyak kegiatan lain. Kegiatan di Taman Baca ini diadakan untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Tak hanya kegiatan untuk anak-anak, Taman Baca ini juga mengadakan kegiatan untuk ibu-ibu. Kegiatan itu diantaranya kelas English for Mom dan juga pelatihan merajut. Dimana ibu-ibu dilatih untuk membuat berbagai kerajinan rajut seperti sepatu, tas, topi dan hiasan lainnya, yang hasilnya dapat dijual sebagai penghasilan tambahan.

“Kami sejak awal tidak ingin perpustakaan itu menjadi tempat pajangan buku saja, tetapi bagi kami itu perpustakaan harus menjadi tempat yang menyenangkan.” kata Heni, pendiri Taman Baca Mata Aksara. Namun diantara berbagai kegiatan yang dapat mengedukasi anak-anak dan juga ibu-ibu, Taman Baca Mata Aksara mengalami keterbatasan tenaga relawan untuk meng-handle seluruh kegiatan yang ada. “Ya ini masih dalam proses membangun lembaga secara mandiri, kami bisa menyelenggarakan kegiatan bersama, berdaya bersama, menjadi tempat belajar untuk semua kalangan, tempat rekreasi keluarga” lanjutnya. (Penulis : Meta Oetari)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me

@Way2themes

Follow Me