Belajar Membuat Berbagai Macam Souvenir Dari Bambu Di Desa Brajan

08.20 Main kejogja 0 Comments


SLEMAN (MainkeJogja) – Dimana kita bisa belajar membuat berbagai macam kerajinan bambu? Di Daerah Istimewa Yogyakarta banyak terdapat tujuan wisata yang mengedukasi, salah satunya adalah Desa Brajan yang terletak di Sendangagung, Minggir, Sleman, DIY. Desa yang 70% warganya merupakan pengrajin bambu. Desa yang diresmikan menjadi Desa Wisata sejak tahun 2002 ini, sudah memiliki lebih dari 100 jenis kerajinan dari bambu yang sudah menembus pasar Internasional seperti Korea dan Amerika. Namun, hampir 100% bahan baku bambu yang digunakan di Desa Brajan masih mengandalkan bambu yang berasal dari luar daerah Sleman. Hal tersebut disebabkan kurangnya lahan yang dimiliki warga untuk membudidayakan tanaman bambu.
Tetapi hal itu tidak mengurangi daya tarik wisata di Desa Brajan ini. “Untuk desa wisata ini kita tunjang dengan potensi-potensi yang lain. Misalnya kita ada potensi alam, kemudian potensi budaya kearifan lokal, seperti wiwitan, kenduri, untuk mendukung daya tarik wisata kita” kata  Aji, Ketua Desa Wisata Brajan.
Menyediakan empat program bagi pengunjung yang ingin belajar membuat kerajinan dari bambu. Program itu antara lain program untuk pemula, program madya, program tingkat mahir, dan program pelatihan singkat. Sebagian besar pengunjung di Desa ini lebih berminat dengan program pelatihan singkat, pengunjung akan dilatih membuat kerajinan dari bambu selama 2 jam, lalu kerajinan yang dihasilkan boleh dibawa pulang sebagai souvenir.

Desa ini juga memiliki program pelatihan untuk warganya, supaya dapat terus mengembangkan desain-desain kerajinan dari bambu. Wisatawan yang berkunjung pun dapat memesan kerajinan bambu sesuai keinginan. Wisatawan juga dapat langsung membeli berbagai macam souvenir yang telah disediakan di showroom dengan variasi harga yang terjangkau. Akses menuju desa ini juga mudah karena jalan dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua dan roda empat. (Penulis : Meta Oetari)

0 komentar: