Translate

Cari Informasimu di Mainkejogja.com

TOTAL VIEWERS

DARI BAMBU HINGGA KESENIAN DI BRAJAN



SLEMAN (MainkeJogja) – Di Daerah Istimewa Yogyakarta banyak terdapat tujuan wisata yang mengedukasi,  kali ini Main ke Jogja akan mengulas tentang Desa Brajan yang terletak di Sendangagung, Minggir, Sleman, DIY. Desa yang 70% warganya merupakan pengrajin bambu ini, diresmikan menjadi Desa Wisata sejak tahun 2002, dan sudah memiliki lebih dari 100 jenis kerajinan dari bambu yang sudah menembus pasar Internasional seperti Korea dan Amerika.

Namun, hampir 100% bahan baku bambu yang digunakan di Desa Brajan masih mengandalkan bambu yang berasal dari luar daerah Sleman. Hal tersebut disebabkan karena sudah jarang masyarakat yang membudidayakan pohon bambu.
“Kalau dulu memang masing-masing KK itu punya pohon bambu, tapi karena perkembangan jaman jadinya lama-kelamaan habis dan tidak cukup untuk stok bahan baku” pernyataan Aji, Ketua Desa Wisata Brajan.

Penyebab lain juga karena kurangnya lahan yang dimiliki warga untuk membudidayakan tanaman bambu. Tetapi hal itu tidak mengurangi daya tarik wisata di Desa Brajan ini. “Untuk desa wisata ini kita tunjang dengan potensi-potensi yang lain. Misalnya kita ada potensi alam, kemudian potensi budaya kearifan lokal, seperti wiwitan, kenduri, untuk mendukung daya tarik wisata kita” kata  Aji, Ketua Desa Wisata Brajan. (Meta Oetari)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tags

About (1) berita travel (30) Culture (3) kolom opini (22) OPINI (25) Rekomendasi (2) Tips (1) Travel (32)

Popular